ARTIKEL ILMIAH


INDONESIA-KU

”Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!” – Ir. Soekarno.

Kalian pasti tahu, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar sedunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, 742 bahasa, dan 264 juta manusia yang ada di Indonesia. Jika kita lihat dari segi geografis, Indonesia terletak antara 5° 54′ 08″ bujur utara hingga 11° 08′ 20″ bujur selatan dan 95°00’38“ sampai 141°01’12“ bujur timur. Dan ada tiga zona waktu di Indonesia. Yaitu WIB (waktu Indonesia Barat), WITA (waktu Indonesia Tengah), dan WIT (waktu Indonesia Timur).

Indonesia memiliki iklim tropis. Maka dari itu hanya ada dua musim di Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim hujan terjadi pada bulan Oktober sampai April. Angin Muson Barat ini banyak membawa uap air, sehingga di sebagian besar wilayah Indonesia mengalami musim hujan. Dan musim kemarau kebanyakan berlangsung antara bulan April sampai bulan September.

Indonesia adalah negara yang memiliki beragam keunikan, yaitu Indonesia memiliki beragam, suku, ras, budaya, dan agama. Itulah yang membuat Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. Walaupun berbeda, masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi toleransi perbedaan antara suku, ras, budaya dan agama satu sama lain. Sehingga, masyarakat Indonesia sangat kental dengan budaya nya.

Keunikan lainnya yang ada di Indonesia adalah, kaya nya akan rempah-rempah. Sehingga Indonesia di jajah oleh bangsa Belanda selama 350 tahun. Karena rempah-rempah ini sendiri kurang dimanfaat kan oleh bangsa nya sendiri. Sehingga bangsa lain menjajah untuk mengambil rempah-rempah ini.
Kalau kalian betanya, apa system pemerintahan yang ada di Indonesia, jawabannya adalah berdasarkan Pancasila. Yang memiliki arti, demokrasi yang berdasar pada musyawarah untuk mufakat. Sistem pemerintahannya yang berdasarkan demokrasi pancasila yakni dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Artinya adalah dimana pemimpin atau wakil rakyat dipemerintahan haruslah berasal dari rakyat, kemudian dilakukan oleh rakyat sendiri dan hasil dari jerih payah rakyat ini nantinya juga akan kembali kerakyat atau untuk rakyat.

Indah sekali kan Indonesia? Banyak sekali keunikan dan keaneka ragaman yang ada di negara ini. Mulai dari segi geografisnya, lalu dari sejarahnya, jumlah penduduk dan luas wilayahnya. Banyak sekali orang asing yang bersinggah di Indonesia karena keunikan, keindahan, dan keaneka ragaman yang dimiliki oleh Indonesia. Kita harus bangga dengan negri kita sendiri.

Sekarang tugas kita sebagai warga negara Indonesia yang baik dan bijak, kita harus melestarikan budaya dan keunikan yang dimiliki oleh Indonesia. Kita juga harus menjaga keutuhan agar negara ini tidak terpecah belah. Selain itu, kita sebagai warga negara nya sendiri, harus saling menghargai satu sama lain agar tidak terjadi perpecahan sesama warga negara. Jadilah warga negara yang baik, agar negri ini dapat terus terjaga dengan tangan rakyatnya sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Teks Eksposisi

Teks Deskripsi